“TUJUAN HIDUP”

<Selasa, 04 Juli 2017 OOR 15:08>

Banyak orang yang bingung saat ditanya apa yang menjadi tujuan hidupnya. Mereka tidak tahu pasti apa sebenarnya yang ingin mereka capai dalam hidup ini. Dengan gampang mereka akan menjawab : “Tidak tahu…”

Sebagian lagi mencoba menjawab dengan jawaban umum, seperti ingin bahagia, ingin berguna bagi orang lain, ingin memiliki banyak harta dan ingin menjadi seorang pemimpin. Semua jawaban di atas bersifat universal dan pasti diingini oleh setiap orang.

Suatu ketika, saya pernah berdiskusi dengan seorang teman, sebut saja namanya Adi, mengenai hidup dan kehidupan.

Saya bertanya : “Apa sesungguhnya yang kamu cari di dunia ini? Apa rencanamu ke depannya?”

Adi menjawab : “Saya tidak ingin membuat rencana muluk-muluk. Biarkan saja semua ini berjalan seperti air mengalir. Seringkali saya merasa kecewa dan frustasi karena apa yang direncanakan selalu melenceng. Tidak semuanya berjalan sesuai dengan harapan. Padahal seharusnya semua ini dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, saya menjadi malas membuat banyak rencana. Toh akhirnya semua berpulang kepada Tuhan, apakah Dia bersedia mengabulkan semua rencanaku?”

Saya terpekur mendengar jawabannya yang blak-blakan. Sebuah bentuk kepasrahan akan nasib yang bakal dijalani. Membiarkan alam yang mengatur jalan hidupnya atas kehendak Tuhan. 

Adi melanjutkan : “Buat apa susah-susah menyusun rencana, karena hampir tidak mungkin untuk merealisasikan rencana itu seratus persen. Untuk apa membuang-buang waktu, tenaga dan pikiran merencanakan hal yang belum terjadi. Capek bro…”

Saya tersenyum, lantas bertanya : “Jadi apa sebenarnya tujuan hidupmu?”

Adi menjawab sekenanya : “Tidak tahu bro… Pokoknya jadi orang baik dech…”

Saya : “Nah, kan itu dia… Tujuan hidupmu ingin menjadi orang baik. Lantas bagaimana kamu dapat menjadi orang baik?”

Adi : “Tidak menyakiti orang lain dan tidak sombong… Kalau ditanya caranya, tidak tau dech. Yang terpenting, jangan berbuat jahat. Biarkan saja semuanya berjalan bagaikan air yang mengalir…”

Saya : “Bro, tujuan hidupmu sudah benar. Namun kamu pasti akan gagal meraihnya jika tidak menyusun rencana dengan baik. Tidak semuanya dapat kita biarkan. Harus ada usaha. Jangan sedikit-sedikit menyerahkan semua persoalan hidup kepada Tuhan, sementara kita hanya duduk manis berpangku tangan. Kita diberi akal untuk berusaha….

Adi : “Hidup jangan dibuat rumit bro… Biarkan saja mengalir sesuai jalannya…”

Saya : “Kalau ada batu gimana…? Kalau dihadang tebing gimana…?”

Adi : “Air dapat mencari celah-celah untuk bergerak dan mengalir. Jadi tidak usah khawatir… Walaupun sedikit tersendat, tetap saja ada jalan keluarnya… Demikian juga dengan hidup ini…”

Saya : “Hmmm… Nah yang terakhir, pernahkah kamu pikirkan, air itu akan mengalir kemana?”

Adi terdiam sejenak. Hanya terdengar suara : “Hmmm…”

Saya melanjutkan sambil bertanya : “Apakah air akan mengalir dan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang atau hanya tergenang sia-sia tanpa ada manfaatnya sama sekali di tempat yang tidak diketahui oleh siapapun?”

Sobatku yang budiman…

Jangan menyerahkan seluruh hidup kepada nasib. Pasrah dengan keadaan yang terjadi. Berpikir semuanya akan ada jalan keluar tanpa niat berbuat sesuatu. Tuhan memberikan akal kepada manusia agar dapat digunakan sebaik-baiknya, untuk kelancaran hidupnya.

Kita harus mengetahui tujuan hidup masing-masing, agar dapat melapangkan jalan menuju ke sana. Kita dapat menyusun rencana, apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari untuk memuluskan langkah ke arah tujuan. Tanpa rencana, kita akan berulang kali melalui jalan yang sama.

Jangan minder jika tidak sesuai rencana. Jangan mundur karena ada batu penghalang di depan. Ada kalanya rencana menjadi berantakan. Namun dengan mengetahui tujuan hidup, maka kita tidak akan terperosok semakin dalam, semakin terpuruk. Sebaliknya kita akan cepat pulih dan bangkit kembali.

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #tujuanhidup Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in PENGALAMAN PRIBADI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s