“KELUHAN”

<Rabu, 28 Juni 2017 OOR 10:14>

Semua orang pasti akan berkeluh kesah saat menemui rintangan, hambatan ataupun cobaan dalam hidupnya. Ada yang cuma sebentar, namun tidak sedikit yang melampiaskan ketidakpuasannya hingga berhari-hari, berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

Tidak ada salahnya dengan segala keluh kesah. Memang manusia itu mudah untuk berkeluh kesah. Itu sudah menjadi tabiat manusia. Namun, jangan sampai berkepanjangan, apalagi sampai mengganggu kehidupan sehari-hari.

Saat seseorang mengecewakan atau mengkhianati kita, sudah pasti akan menimbulkan sakit hati. Tanpa sadar, kita akan mengeluarkan uneg-uneg, berharap dapat meringankan sedikit beban di hati. Itu lumrah saja. Namun yang harus diingat, janganlah keluh kesah yang dikeluarkan justru menimbulkan suasana tidak nyaman atau menyinggung perasaan orang lain. 

Jika demikian adanya, bukankah apa yang kita lakukan akan merugikan kita dan orang sekitarnya?

Sobatku yang budiman…

Keluh kesah itu merupakan pertanda bahwa terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan dalam hidup ini. Bisa juga dipandang sebagai sinyal agar kita segera bergerak ke arah yang lebih baik. Melupakan kondisi tidak nyaman yang sedang terjadi.

Seandainya kita hanya berdiam diri dengan segala keluhan atau bahkan menikmatinya, berarti ada yang salah dengan diri kita. Mungkin ada sensor alarm dan sistem kendali di dalam tubuh yang rusak. Menggerutu terus tanpa mau melepaskan diri dari belenggu keluhan akan membuat kita berputar-putar dalam lingkaran yang sama. 

Apalagi kita juga menjumpai banyak orang berada dalam lingkaran tersebut, dan akhirnya menganggap semua itu sebagai sesuatu yang biasa. Ikut berlari dan terus “berkicau” bersama mereka dalam melantunkan melodi-melodi sumbang. Bergumul dengan batin, tidak tahu sampai kapan akan terus berlari. Capek sendiri. Energi terbuang percuma tanpa ada yang dihasilkan.

Padahal jika kita mau menghentikan melodi keluh kesah setelah sekian lama mendendangkannya, berpikir tenang sejenak, kemudian menentukan langkah yang akan diambil untuk membawa kita ke jalan yang lebih lancar, maka hal ini akan jauh lebih berguna.

Orang yang sukses bukannya tidak pernah mengeluh. Mereka akan dapat memanfaatkan momentum dan kesempatan dari keluh kesah untuk memompa semangat, memperbaiki diri dan mengambil solusi agar dapat mengubah keluhan menjadi senyuman. 

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #keluhan Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s