“PEMBELAJARAN”

<Senin, 02 Juni 2017 OOR 19:05>

Hidup ini selalu memberi pembelajaran yang tiada henti. Setiap waktu, setiap kejadian dan setiap kondisi akan menghadiahi kita sebuah pembelajaran gratis yang mungkin tidak akan berulang lagi di waktu mendatang. Semua ini bergantung kepada kita untuk menyikapinya dan mengambil hikmah atas apa yang telah terjadi.

Mau belajar menjadi penyabar? Jangan khawatir, nanti kita akan bertemu dengan orang-orang yang egois, mau menang sendiri dan keras kepala kepada kita.

Mau belajar menjadi pemaaf? Jangan khawatir, nanti kita akan berjumpa dengan orang-orang yang gemar menghina, merendahkan dan menyakiti hati kita, baik sengaja maupun tidak disengaja.

Mau belajar menjadi dermawan? Jangan khawatir, nanti kita akan bertatap muka dengan orang-orang yang hidup serba kekurangan.

Mau belajar menjadi seorang yang rendah hati? Jangan khawatir, nanti kita akan berhadapan dengan orang-orang yang gemar merendahkan pribadi kita.

Apapun yang sedang kita hadapi, secara tidak sadar, menuntun kita ke dalam proses belajar agar menjadi manusia yang dewasa dan semakin bijaksana.

Jangan meratap, menggerutu apalagi sampai menumpahkan amarah berlebihan atas sesuatu yang menyakitkan hati, sesuatu yang membuat kelukaan di hati dan sesuatu yang melenceng dari harapan kita.

Sesungguhnya pembelajaran itu akan mudah kita kita peroleh pada situasi yang tidak sesuai dengan kehendak kita, bukan pada saat situasi tenang dan nyaman. Untuk itu sikapilah dengan kepala dingin dan hati yang lapang.

Sobatku yang budiman…

Tekadkan keyakinan dalam diri untuk menjadi murid kehidupan yang abadi dan tidak mengenal batas waktu untuk menimba ilmu kepadanya. Inti dari pembelajaran ini adalah mau belajar bersyukur dan mampu menyerap hal-hal positif atas setiap peristiwa yang dihadapi.

Tetaplah bersabar dalam kesakitan dan berusahalah untuk mengobatinya.
Tetaplah bersabar dalam kesedihan dan berusahalah untuk menghibur diri.
Tetaplah bersabar dalam kekecewaan dan berusahalah untuk menenangkan diri.
Tetaplah bersabar dalam dukacita dan berusahalah untuk selalu tabah.
Tetaplah bersabar dalam keterpurukan dan berusahalah untuk bangkit kembali.

Sabar itu memang tidak gampang, sabar itu memang melelahkan dan sabar itu kadang dapat membuat stress atau depresi. Namun, jika kita mampu bertahan dan melaluinya dengan baik, maka kesabaran itu akan berbuah keindahan dan kebahagiaan. 

Hidup adalah proses pembelajaran tiada henti menuju pribadi yang bijaksana dan mulia.

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #belajar Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s