“MENGUKIR JIWA”

<Kamis, 01 Juni 2017 OOR 11:01>

Sebuah ukiran patung elang terpampang indah di dalam etalase kaca pada sebuah acara pameran kesenian. Sangat eksotik. Semua orang merasa kagum dengan kehebatan sang pembuat. Jika dilihat sekilas, patung tersebut begitu mirip dengan aslinya. Patung elang itu sangat nyata dan hidup sehingga dapat menipu penglihatan manusia yang menganggapnya adalah seekor burung elang sungguhan. 

Banyak orang terpukau dengan tangan dingin sang pengukir. Tidak sembarang orang memiliki kemampuan memahat yang begitu sempurna. Bahkan orang yang telah menghabiskan banyak waktu di bangku kuliah kesenian, belum tentu dapat menghasilkan maha karya seperti ini.

Seorang pengunjung berkata kepada pengunjung lainnya : “Sungguh luar biasa karya seni ini. Sebuah batang kayu yang bernilai rendah dan mungkin dianggap tidak berguna, berhasil diukir sehingga memiliki nilai seni yang tinggi. Harganya pasti mahal sekali…”

Pengunjung yang lain menimpali : “Saya ingin tahu, apa sebenarnya rahasia dibalik terciptanya karya seni yang hebat ini…?”

Tiba-tiba seorang pria muda muncul menyeruak dari balik kerumunan pengunjung. Penampilannya sangat biasa, dengan hanya mengenakan kaos oblong, celana ponggol berkantung banyak dan sepatu kets berwarna coklat muda.

Pemuda ini berkata dengan tenang : “Sebenarnya patung elang ini sudah ada dan menyatu dengan bongkahan kayu. Tugas sang pengukir hanyalah menyingkirkan bagian-bagian yang tidak penting dari bongkahan kayu besar agar dapat memunculkan sosok patung burung elang…”

Semua orang menoleh ke arah suara tersebut. Ada yang bertanya : “Jawaban kamu penuh dengan unsur filosofi. Apakah hubungan kamu dengan pembuat patung elang ini…?”

Pemuda itu tersenyum, lalu berkata : “Sebenarnya saya ini hanyalah seorang anak manusia yang diberi talenta oleh Tuhan untuk menyingkirkan bagian-bagian yang tidak perlu dari sebuah batang kayu yang menghalangi kehadiran patung elang ini…”

Seorang pengunjung menyelutuk : “Kamu toh si pengukirnya. Penampilan kamu biasa saja, namun hasil karyamu sungguh luar biasa…”

Sobatku yang budiman…

Demikian juga dengan diri kita. Sebagai makhluk ciptaan yang paling sempurna di antara ciptaan Tuhan lainnya, kita pasti memiliki keistimewaan potensi yang berbeda dengan lainnya. Walaupun berbeda, namun masing-masing dari kita, sejatinya adalah hasil ukiran atau pahatan dari Tuhan, salah satu maha karya terindah yang ada di muka bumi. 

Layaknya patung ukiran yang bernilai tinggi, ada yang terukir menjadi patung elang, harimau, tumbuhan, gunung dan sebagainya. Semuanya indah, berseni tinggi dan berharga selangit. 

Penghalang bagi kita untuk berubah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi adalah tidak mampu menyingkirkan bagian-bagian yang tidak penting dalam hidup kita. Kita sering membiarkan bagian-bagian tersebut melekat dan bersemayam di dalam batin, yang menyebabkan kita akan terlihat buruk serta tidak akan maksimal menampilkan diri kita sebagai sesuatu yang indah dan bernilai tinggi di mata orang lain.

Sesungguhnya kita telah dikarunia dengan keistimewaan yang luar biasa, yang telah diukir dan digariskan oleh Sang Pencipta, namun kerapkali tertutup oleh sakit, penderitaan, halangan, cobaan dan kesulitan. Jika kita mampu menyingkirkan semua ini dengan baik maka kita akan bertransformasi menjadi pribadi yang sempurna.

Siapapun dapat mencapai derajat kesempurnaan seperti yang telah diukir oleh Tuhan. Masalah utamanya, bersediakah kita mengukir jiwa dan batin kita, memahat dan menempa pribadi kita menjadi manusia yang baik dan terus semakin baik lagi, dari hari ke hari? Semuanya berpulang kepada niat dan tekad kita masing-masing.

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #mengukirjiwa Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s