“MUDAH DAN SULIT”

<Selasa, 04 April 2017 OOR 11:17>

Amatlah mudah untuk mengumbar kemarahan. Akan tetapi teramat sulit untuk mengendalikan diri untuk tetap tenang dalam keadaan emosi.

Amatlah mudah untuk berbicara seenaknya tanpa berpikir panjang. Akan tetapi teramat sulit untuk menahan lidah mengeluarkan kata-kata yang kasar dan tidak benar.

Amatlah mudah untuk menyakiti orang lain, terutama mereka yang mengasihi kita dengan sepenuh hati. Akan tetapi teramat sulit untuk menyembuhkan luka yang sempat tergores oleh perbuatan kita.

Amatlah mudah untuk mengomentari kehidupan orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk menahan diri saat orang lain mengomentari segala sisi kehidupan kita.

Amatlah mudah untuk menilai kesalahan orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk mengakui kesalahan sendiri.

Amatlah mudah unfuk mengkritik dan menghujat kekeliruan orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk memperbaiki kesalahan sendiri.

Amatlah mudah untuk berpikiran buruk tentang orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk menerima kenyataan bahwa sebenarnya mereka jauh lebih baik dari diri kita.

Amatlah mudah untuk membuat kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Akan tetapi teramat sulit untuk belajar dari setiap kesalahan yang pernah diperbuat.

Amatlah mudah untuk tersandung batu penghalang atau terperosok dalam lubang masalah. Akan tetapi teramat sulit untuk bangun kembali dan melanjutkan perjalanan hidup ini.

Amatlah mudah untuk merasa kasihan dengan kesusahan dan penderitaan orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk memberi mereka pertolongan dan jalan keluar.

Amatlah mudah untuk menerima dengan tangan di bawah. Akan tetapi teramat sulit untuk memberi dengan tangan di atas.

Amatlah mudah untuk mengampuni kesalahan orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk meminta maaf atas kesalahan sendiri.

Amatlah mudah untuk menyusun dan menetapkan suatu peraturan. Akan tetapi teramat sulit untuk mengikuti peraturan yang telah dibuat dengan benar.

Amatlah mudah untuk bermimpi setiap malam dan menyusun agenda kegiatan di pagi hari. Akan tetapi teramat sulit untuk tetap konsisten berjuang mewujudkan mimpi tersebut.

Amatlah mudah unfuk memamerkan kemenangan dengan kesombongan. Akan tetapi teramat sulit untuk menerima kekalahan dengan sportif dan berjiwa besar.

Amatlah mudah untuk mengobral janji kepada orang lain. Akan tetapi teramat sulit untuk menepati dan memenuhi janji-janji tersebut.

Amatlah mudah untuk mengucapkan kata cinta dan sayang kepada seseorang. Akan tetapi teramat sulit untuk menunjukkan cinta itu dengan tulus setiap saat dan konsisten untuk menyayangi hingga akhir hayat.

Amatlah mudah untuk menangisi cinta yang hilang. Akan tetapi teramat sulit untuk merawat dan menjaganya dengan penuh keikhlasan agar tidak sampai kehilangan cinta itu.

Amatlah mudah untuk menjaga persahabatan dengan kata-kata retorika belaka. Akan tetapi teramat sulit untuk memberi makna pada arti sebuah persahabatan melalui perbuatan dan tingkah laku terbaik untuk para sahabat.

Sobatku yang budiman…

Hidup ini seperti sedang menaiki bus. Beragam tipe penumpang berada di dalamnya. Ada yang berpakaian lusuh, namun ada yang berpakaian necis dan rapi. Ada yang suka mengobrol, namun ada yang suka menyendiri dengan bacaan atau gagdetnya.

Sewaktu-waktu, para penumpang akan turun saat tiba di tujuan. Berganti dengan penumpang baru yang belum kita kenal. Demikian seterusnya terjadi, hingga akhirnya kita sendiri akan turun dari bus saat tiba di tujuan. Meninggalkan para penumpang yang tersisa di dalam bus.

Amatlah mudah untuk menjalani dan menikmati hidup setiap hari. Akan tetapi teramat sulit untuk memberi arti dan makna pada hidup yang sedang dijalani.

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #kehidupan #mudah #sulit Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in Renungan Harian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s