“MATA DAN TANGAN”

<Jumat, 24 Februari 2016 RPOT 10:00>

Sebuah persahabatan itu bagaikan pasangan mata dan tangan. Walaupun letaknya berjauhan, tidak berada dalam ikatan tulang yang sama, namun mata dan tangan akan bergerak seketika jika ada diantara mereka yang terluka.

Jika tangan teriris dan terluka, maka mata akan menangis meneteskan air mata. Jika mata sedang meneteskan air mata kesedihan, maka seketika tangan akan menyeka dan menghapus air mata tersebut.

Demikian juga dengan persahabatan kita…

Jangan biarkan kesedihan bersemayam dan berlarut-larut dalam diri sanubarimu. Luapkan dan tumpahkan semua duka lara kepada sahabatmu, yang kamu percaya, niscaya jiwa dan ragamu akan merasa lebih ringan.

Setiap postingan “kesedihan” yang kebetulan terbaca olehku, pasti akan membuat diriku termenung sejenak, terdiam dengan mata menerawang jauh, sekaligus membayangkan bagaimana jika “kepedihan” ini melanda diriku. 

Sudah berulang kali kucoba menghibur sobat-sobatku yang menginginkan agar saya dapat menuliskan “sesuatu” tentang kegundahan hatinya. Dengan senang hati saya akan memberikan “tulisan” untuk mereka, karena mereka adalah mata dan tanganku..

Beberapa tulisan sudah ditampilkan dengan mengaburkan identitas, ada yang malah terang-terangan menyapa menunjukkan jati diri sebagai sosok yang dimaksud dalam cerita. Ada juga beberapa sobatku yang minta agar “off the record” alias untuk konsumsi pribadi.

Dan, saat ini saya masih “berhutang 2 buah tulisan” lagi.

Saya bukanlah manusia super yang pasti sempurna. Dalam ketidaksempurnaanku, seringkali tanpa sadar saya melakukan kesalahan atau terjerumus dalam “kancah perdebatan” yang tidak sehat. Kadang harus mendapat “sentilan” dari beberapa sobatku. Saya tidak marah, justru merasa senang karena masih ada yang mau peduli.

Namun kejujuran tulisan yang disampaikan, merupakan ungkapan hatiku yang akan “meringankan” setiap langkahku ke depan. Kritikan yang membangun akan mengingatkan diriku untuk berbuat lebih baik lagi.

Sobatku yang budiman…

Kalian adalah mata dan hatiku…

Jika sedang galau, berbagilah yang menurut kalian pantas untuk dibagi. Jika sedang bergembira, berbagilah kepada sobat-sobat yang lain, yang barangkali sedang berduka..

Itulah hakikat sebuah persahabatan…

Terima kasih atas semuanya… Salam santun dan penghargaan setinggi-tingginya untuk sahabat-sahabatku…

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #persahabatan Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in PENGALAMAN PRIBADI, RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s