“BERKAH KEHIDUPAN”

<Senin, 06 Februari 2017 OOR 07:03>

Berkah makanan itu bukan hanya karena komposisi gizinya yang lengkap, bukan pula karena harganya yang mahal. 

Akan tetapi berkah makanan itu, kadang terwujudkan dalam makanan sederhana, ala kadarnya, namun menebarkan aroma kenikmatan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Berkah jasmani bukan hanya karena memiliki tubuh yang sempurna tanpa cacat atau tubuh yang sehat. 

Akan tetapi berkah jasmani itu, kadang terwujudkan dalam tubuh yang sakit, sebab dengan hadirnya sakit, seseorang menjadi lebih disiplin dalam keteraturan, tidak memforsir sesuatu pekerjaan secara berlebihan dan lebih telaten dalam menjaga porsi makanan.

Berkah kehidupan itu bukan hanya karena memiliki umur yang panjang. 

Akan tetapi berkah kehidupan itu, kadang terwujudkan dalam umur yang pendek, namun bermanfaat bagi orang lain serta selalu dikenang atas jasa dan pengabdiannya kepada masyarakat luas.

Tanah yang diberkahi, bukan hanya karena memiliki kesuburan dan keindahan panorama. 

Akan tetapi kadang terwujudkan dalam tanah yang tandus, namun berhasil dikelola dengan amat baik dan sempurna oleh para penghuninya sehingga bermanfaat bagi kehidupan mereka. 

Berkah pengetahuan itu, bukan hanya karena memiliki kepintaran, pintar menulis, pintar bercerita dan mampu mengarang ratusan buku atau memiliki gelar sarjana seabrek. 

Akan tetapi berkah pengetahuan itu, kadang terwujudkan dalam diri orang biasa saja dan tidak pintar, namun ikhlas dalam menyebarkan berita yang benar, akurat dan terpercaya.

Berkah penghasilan bukan hanya karena memiliki gaji yang besar dengan segala fasilitas super mewah. 

Akan tetapi berkah penghasilan itu, kadang terwujudkan dalam gaji yang sekadarnya, tidak besar, namun apa yang diperoleh dapat menjadi jalan rezeki bagi orang lain, sehingga banyak orang yang terbantu dengan penghasilan itu.

Berkah keturunan itu, bukan hanya karena memiliki anak yang lucu, imut dan menggemaskan atau setelah dewasa, mereka sukses menamatkan pendidikannya dengan nilai sempurna cum laude serta memiliki pekerjaan dan jabatan mentereng.

Akan tetapi berkah keturunan itu, kadang terwujudkan oleh anak yang biasa, tidak rupawan atau barangkali bertubuh serba terbatas, namun memiliki tanggung jawab, berbakti kepada keluarga, bangsa dan negara, selalu memelihara kesantunan dan menjaga nama baik kedua orang tuanya.

Sobatku yang budiman…

Berkah itu bukan melulu dikaitkan dengan keadaan serba cukup, serba baik atau serba sempurna. Akan tetapi berkah itu harus dimaknai sebagai apapun yang dimiliki, harus mampu dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk membantu kekurangan dan kesusahan orang lain.

Berkah yang diperoleh akan terlihat dengan bertambahnya ketaatan kita kepada Tuhan, apapun kondisi yang sedang dialami, baik yang sesuai dengan harapan maupun tidak, baik yang disukai maupun dibenci dan baik yang menyenangkan maupun menyakitkan.

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan #berkahkehidupan Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s