“GAMBAR PAHLAWAN NASIONAL DALAM MATA UANG RUPIAH BARU 2016”

<Minggu, 18 Desember 2016 OOR 22:30>

Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 yang terdiri dari 7 (tujuh) pecahan uang Rupiah Kertas dan 4 (empat) pecahan uang Rupiah Logam dengan gambar pahlawan secara serentak pada 19 Desember 2016. Desain baru tersebut akan menampilkan gambar pahlawan yang mewakili seluruh wilayah di Indonesia.

Uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp100.000,- ; Rp50.000,- ; Rp20.000,- ; Rp10.000,- ; Rp5.000,- ; Rp2.000,- dan Rp1.000,-. Sedangkan uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp1.000,- ; Rp500,- ; Rp200,- dan Rp100,-.

Uang seri terbaru tersebut, akan dilengkapi dengan pengamanan yang lebih kuat untuk meminimalisir peredaran uang palsu. Antara lain : color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect dan rectoverso. 

Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. 

Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal.

Dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. 

Dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. 

Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

Tak hanya itu, desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

Lalu siapa saja sosok nama pahlawan yang akan muncul dalam uang seri baru tersebut? 

Yang pasti, penyesuaian penggunaan gambar pahlawan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut ini adalah nama pahlawan yang akan muncul dalam uang seri terbaru tahun 2016 : 

1. Gambar Pahlawan Nasional Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Dr. (HC) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 100000.

2. Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 50000.

3. Gambar Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 20000.

4. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan rupiah uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 10000.

5. Gambar Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 5000.

6. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 2000.

7. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan uang kertas rupiah NKRI dengan pecahan 1000.

8. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan uang logam rupiah NKRI dengan pecahan 1000.

9. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan uang logam rupiah NKRI dengan pecahan 500.

10. Gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan uang logam rupIah NKRI dengan pecahan 200.

11. Gambar Pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan uang logam rupiah NKRI dengan pecahan 100.

Selamat menikmati euforia kehadiran uang kertas dan uang logam baru di penghujung tahun 2016.

#firmanbossini #infoterkini #uangrupiahbaru2016 #bankindonesia Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in KASUS, POLITIK. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s