“HIDUP APA ADANYA”

<Senin, 12 Desember 2016 OOR 08:55>

Banyak orang berusaha memanipulasi penampilan agar dipandang sebagai seorang yang terhormat, hidup mewah walau memiliki penghasilan pas-pasan dan hidup dalam kepalsuan agar dianggap sebagai orang hebat. Mereka ini dapat digolongkan sebagai orang-orang yang patut dikasihani. Hidupnya tidak akan pernah merasa bahagia.

Sedangkan mereka yang memiliki rasa syukur, akan tampil apa adanya, tidak pamer walau berkelebihan dan hidup bersahaja dalam kesederhanaan.

Jika kita berusaha ngotot untuk memperoleh penghargaan dan ingin dihormati orang lain, maka semua yang kita lakukan akan sia-sia belaka. Kita pasti akan merasa kecewa dan frustasi. Mengapa? Sebab penghargaan dan penghormatan dari sisi keduniawian ditetapkan berdasarkan keunggulan kompetisi. Artinya, kita akan dihargai jika kita memiliki kelebihan dari orang lain.

Walaupun kita sudah hidup berkecukupan, memiliki rumah dan mobil, penghasilan dan jabatan serta keluarga yang bahagia, namun jika hidup ini dipandang dari sudut pandang keunggulan dari sebuah kompetisi, maka kita akan selalu merasa kekurangan. Sebab kita bukanlah orang yang paling kaya, paling terhormat, paling populer dan paling hebat, masih banyak orang yang berada di atas kita, yang memiliki kehidupan super mewah dan kekuasaan yang demikian luas.

Bila kita ingin dihargai menurut ukuran keduniawian, maka kita harus lebih kaya, lebih berkuasa, lebih tampan atau lebih cantik dan lebih populer daripada orang lain. 

Sobatku yang budiman…

Orang yang mengikuti ajaran agama yang benar, tidak akan berlomba-lomba mengikuti kompetisi ala manusia karena penghargaan Tuhan terhadap diri kita tidak ditentukan oleh ukuran keduniawian. Tuhan menghargai kita karena kesederhanaan, kesantunan, kerendahan hati, mengikuti perintah-Nya dan selalu bersyukur atas karunia yang telah tersedia untuk dinikmati.

Tuhan bukan hanya melihat apa yang terlihat oleh kasat mata, namun Dia sanggup melihat sampai ke lubuk hati terdalam, sehingga kita sama sekali tidak perlu memanipulasi penampilan kita dalam hidup ini.

Lebih baik menjadi orang biasa, yang hidup dalam kesederhanaan, namun bekerja untuk diri sendiri dan tidak meminta-minta melebihi dari yang dikerjakan, daripada berlagak seperti orang hebat, namun hidupnya serba kekurangan karena memiliki nafsu keinginan segunung dan tidak terbatas.

Hiduplah apa adanya, bukan karena ada apanya…

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan  Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s