“TEKNOLOGI DAN EKSKLUSIVISME”

<Sabtu, 10 Desember 2016 OOR 20:44>

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, jarak yang jauh tidak lagi menjadi halangan bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu dengan lainnya. Banyak alternatif jalur komunikasi yang dapat digunakan, baik melalui message, chatting maupun video call, semuanya sudah dapat dijangkau oleh siapapun dengan harga murah.

Bahkan dengan orang yang tidak dikenalpun, kita dapat berhubungan akrab, layaknya sahabat karib yang sudah lama tidak berjumpa. 

Namun dibalik kemudahan tersebut, ternyata menyimpan sisi negatif yang membuat manusia semakin terkotak dan terkoyak.

Betapa tidak? Saat ini, sebagian orang yang memiliki pandangan, pemikiran dan keyakinan yang sama, dengan mudah dapat membentuk grup-grup eksklusif, grup yang hanya berisikan mereka-mereka yang sepaham dan sealiran. Penyekat yang bahkan lebih erat dari jerejak besi, menjadi penghalang bagi siapapun untuk menjadi member grup ini, kecuali sudah seijin admin grup.

Era modern yang seharusnya mempermudah umat manusia untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain tanpa batas, sebaliknya membuat manusia menjadi semakin eksklusif, mengungkung dan membelenggu diri dan kelompoknya serapat-rapatnya, sehingga tidak dapat dimasuki oleh orang lain secara bebas, terutama bagi mereka yang tidak sepemikiran dengan anggota grup ini.

Sungguh baik dan berguna, jika pembentukan grup ini dimaksudkan untuk sarana bersilahturahmi, bersenang-senang, berbagi ilmu atau sekadar pelepas stress karena konten grup berisikan hal-hal yang menyenangkan dan menghibur.

Namun, belakangan ini, sebuah virus eksklusifitas mulai mewabah dan menjangkiti banyak orang. Mereka begitu rajin untuk membuat grup yang berisikan berita fitnah, provokasi, adu domba, pemufakatan jahat dan permusuhan kepada kelompok lain yang berseberangan dengan paham yang dianut.

Kecanggihan teknologi yang begitu luar biasa justru dimanfaatkan untuk menciptakan situasi chaos, kerusuhan hingga kerusakan sistemik dengan menebar paham permusuhan yang akan mengarahkan peradaban umat manusia menuju kehancuran.

Sesungguhnya inilah yang paling dikhawatirkan dari kemajuan teknologi…

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan  Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in Renungan Harian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s