“MENARA EIFFEL”

<Rabu, 16 November 2016 OOR 07:02>

La Tour Eiffel atau menara Eifel adalah bangunan yang paling menonjol di kota Paris. Menara ini terletak di lapangan Champ de Mars, di sisi sungai Seine. Saat ini Menara Eiffel dikenal sebagai simbol negara Perancis. 

Menara Eiffel dibangun sebagai gerbang l’Exposition Universelle 1889, sebuah World’s Fair yang bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Perancis. Pembangunan menara dimulai pada tahun 1887, diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka untuk umum ‪pada 6 Mei‬ 1889. Namanya diambil dari nama perancangnya, Alexandre Gustave Eiffel.

Banyak orang menganggap bahwa Gustave Eiffel adalah perancang Menara Eiffel, ternyata anggapan ini adalah keliru. Justru Gustave Eiffel tidak terlalu tertarik dengan proyek ini. Ketika mendapatkan tender menara ini, Gustave Eiffel mengutus dua insinyur lain yakni Maurice Koechlin dan Emile Nouguier untuk merancang menara tersebut. Menara Eiffel dirancang bukan di kantor atau di meja arsitek namun di meja dapur.

Setelah rancangan selesai, lantas Gustave Eiffel membeli hak paten atas rancangan tersebut. Bersama Stephen Sauvestre, mereka mulai memimpin pembangunan menara fenomenal ini.

Menara Eiffel dibangun selama 2 tahun 2 bulan dan 5 hari oleh kurang lebih 300 kuli bangunan, terdiri dari 18.038 bagian yang terbuat dari besi tempa, disatukan oleh 2,5 juta paku, sehingga menjadi sebuah menara yang beratnya 10.000 ton dengan tinggi hampir 1000 kaki atau 300 meter di atas permukaan laut.

Ketika menara ini mulai dibangun, banyak orang merasa terkejut dan melakukan kritikan pedas bahwa pembangunan menara ini terlalu berani, proyek coba-coba dan tidak berseni. Apalagi mereka mengetahui bahwa yang membangun menara hanyalah seorang insinyur jembatan yang pasti kurang memahami tentang aerodinamika angin. Faktor angin inilah yang paling ditakuti akan merubuhkan Menara Eiffel dan dapat memakan korban jiwa.

Penduduk Paris juga amat membenci Menara Eiffel karena dinilai akan merusak pemandangan. Sejumlah seniman juga menolaknya. Hampir semua media cetak di Prancis menerima surat kemarahan bahwa menara ini tidak cocok dengan nuansa kota. 

Sebelum menara itu dibuat, tidak pernah ada bangunan serupa itu sebelumnya. Walaupun tidak mendapat dukungan namun Gustave Eiffel tidak menggubris semua kritikan. Beliau tetap kukuh dengan pendiriannya bahwa Menara Eiffel pasti akan berhasil dibangun hingga selesai.

Berkat keteguhan dan tekad yang kuat, akhirnya Menara yang menjadi kebanggaan warga Perancis dapat berdiri menjadi bangunan tertinggi pada masanya dulu.

Sobatku yang budiman…

Jangan merasa berkecil hati dan minder jika saat ini kita hendak memulai sebuah perencanaan masa depan. Tidak semua karya spektakuler berasal dari orang terkenal dengan fasilitas yang fantastis.

Lihat saja, bagaimana Menara Eiffel yang begitu populer, dirancang bukan di forum-forum resmi, bukan pula di hotel berbintang lima, namun rancangan maha dahsyat itu berhasil dibuat hanya di dapur.

Jika kita memiliki keyakinan tinggi akan kemampuan untuk melakukan sesuatu, maka lakukanlah walaupun kadang mendapat kritikan bahkan penolakan dari orang lain.

Jika arsitek pembangun Menara Eiffel itu hanya mendengarkan omongan cemoohan orang, maka saat ini tidak mungkin berdiri megah sebuah bangunan spektakular yang terus bersinar selama hampir satu setengah abad.

Hal ini bukan berarti kita merasa sok jago dan menolak semua nasehat yang datang kepada kita. Kadang sebuah nasehat itu ada yang berbalut rasa iri dan dengki atas impian kita. Kita harus memiliki filter dalam menimbang nasehat yang diterima dari berbagai pihak. 

Carilah nasehat dan petunjuk dari orang yang memang benar-benar kompeten dan memiliki integritas tinggi. Bukan dari kaum abu-abu atau abal-abal. 

Yang terakhir, pilih dan terimalah nasehat yang memang sesuai dengan kondisi kekinian yang sedang kita hadapi. Bukan yang sudah kadaluarsa.

Selamat bermimpi dan berkarya….

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan  Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in KISAH INSPIRATIF. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s