“RENUNGAN HIDUP”

<Minggu, 06 November 2016 OOR 10:37>

Dunia ini teramat luas bagi seorang pemaaf, namun akan terasa sempit bagi yang sukar memaafkan kesalahan orang lain.

Dunia ini sangat lapang bagi yang bersedia meminta maaf atas kekhilafan yang telah diperbuatnya, namun terasa menyesakkan bagi yang tidak mampu meminta maaf.

Ikhlas menerima segala konsekuensi atas kesalahan yang diperbuatnya, bersedia bertanggung jawab dan menerima hukuman yang diberikan. Mau belajar dari setiap kesalahan akan menjadikan kita lebih kuat lagi dalam menjalani kehidupan.

Banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk menghujat, mencibir, menyepelekan serta menyakiti hati, namun apapun ceritanya, kita harus tetap berbesar hati dan jangan bermuram durja dalam kesedihan, apalagi menganggap diri sebagai manusia yang tidak berguna. Berusahalah untuk berbahagia dengan belajar memaafkan serta melupakan kejadian buruk itu. Hal ini pasti akan membuat hidup kita tenang, tenteram dan damai.

Buat apa menyusahkan pikiran mengenai kesuraman dimasa lalu dan ketidakpastian akan masa depan. Lepaskan dan buanglah semua pikiran tentang hidup “mewah” yang sedang dijalani oleh orang lain. Sebab pikiran ini pasti akan membelenggu dan amat melelahkan batin kita. Hargai dan syukurilah semua yang ada di masa sekarang. Kebahagiaan itu bukan hanya monopoli orang mampu. Sesungguhnya kebahagiaan itu ada di dalam pikiran kita masing-masing.

Jangan risaukan keberadaan orang jahat yang berada di sekeliling kita. Ada kalanya orang jahat dapat berubah menjadi baik dan sebaliknya orang yang kita anggap baik dapat berubah menjadi jahat. Tetaplah berbuat kebajikan walau berada di dalam kondisi apapun. Percayakan kepada kata hati.

Kesombongan adalah penyakit kanker yang akan menyiksa dan membunuh kita secara perlahan. Untuk itu jangan pernah membiarkan kesombongan bersemayam di dalam batin.

Jangan pernah merasa lelah menyampaikan kebaikan, sebab setan tidak akan pernah bosan menghalangi niat kita. Jangan pernah takut dicibir karena selalu update status tentang pelajaran hidup, motivasi dan inspirasi. Jika tidak ada orang yang menyukai atau mempedulikan status kita, setidaknya ada satu orang yang merasakan manfaatnya yaitu diri kita sendiri.

Selain menyebarkan sesuatu kebaikan tentang pelajaran hidup, sering-seringlah berbagi keriangan dan candaan untuk mengusir kegalauan dan mengubah wajah cemberut menjadi ceria melalui tulisan humor atau cerita lucu. Kalau dianggap garing dan tidak lucu, tidak menjadi masalah, setidaknya kita sendiri sudah terhibur puas karena timeline kita tidak kosong melompong.

Bercanda adalah ungkapan bahasa kasih kita kepada orang lain. Senyum mereka yang tidak terlihat oleh kita, setidaknya mampu mengusir sedikit kelelahan pikiran dan kepenatan hidup teman-teman kita. 

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan  Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s