“MEMBERI MAAF”

<Sabtu, 05 November 2016 OOR 09:27>

Dalam kehidupan ini, seringkali kita merasa disakiti, dihina, dicibir dan terluka oleh perbuatan orang lain, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Banyak yang dapat bersabar dan berupaya melakukan introspeksi diri, namun tidak sedikit yang langsung berekspresi berlebihan dengan membalas perbuatan buruk itu.

Saat kita menyimpan dan memendam rasa sakit itu dalam waktu lama, maka muncullah dendam dibalut dengan kebencian. Bila kita masih menyimpan dendam terhadap perbuatan orang lain yang menyakiti perasaan kita, maka sebenarnya pikiran kita sedang diracuni. 

Untuk menjaga kesehatan demi tercapainya suasana bahagia, kita harus belajar untuk memaafkan, melepaskan dan membuang sakit hati dan dendam yang masih mendekam di dalam hati.

Jika seseorang sedang berada dalam situasi emosi, panik, cemas, takut dan merasa tertekan maka otak di kepala akan mengeluarkan hormon Nor-Adrenalin, hormon yang sangat beracun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Hormon ini merupakan “racun” yang merusak berbagai jaringan dalam tubuh manusia, membuat fisik manusia menjadi lemah, lesu, sakit-sakitan, uring-uringan, dapat merusak syaraf dan akhirnya cepat menjadi tua. 

Semakin banyak manusia memproduksi hormon negatif ini, maka kerusakan dalam tubuh manusia juga semakin cepat. Lihat saja perbedaan fisik orang yang suka tertawa dan selalu bersedih. Yang satu terlihat lebih cepat tua, sedangkan yang lain terlihat lebih awet muda.

Saat seseorang berpikir positif, senang dan bahagia maka otak akan mengeluarkan hormon Beta-Endorphin. Hormon kebahagiaan ini bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas dalam hubungan antar manusia, meningkatkan semangat, daya tahan dan kreativitas.

Zat ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorphin mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang selalu tampil energik.

Fungsi zat ini adalah untuk kekebalan tubuh. Bukan hanya untuk mencegah memburuknya emosi kita, justru sebaliknya akan muncul rasa bahagia yang dapat merangsang timbulnya zat imunitas. Dengan endorphin perasaan kita akan lebih rileks, dan tentunya kita pun akan lebih mudah mengontrol perasaan hati.

Karena itu, orang-orang yang selalu dipenuhi dengan rasa ikhlas, ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan dalam hidupnya, maka secara tidak langsung, akan membuat dirinya selalu muda, karena pikiran dan perasaan positif menghasilkan hormon kebahagiaan yang memperkuat daya tahan tubuh. 

Hal ini juga menjadi jawaban, mengapa banyak orang pada usia muda, terkena banyak penyakit, terlihat lebih tua dan gampang terserang berbagai macam penyakit. Tekanan hidup mengakibatkan seseorang mengalami kesedihan, kecemasan, dan ketakutan yang ternyata banyak merusak sel-sel dalam tubuh manusia.

Sobatku yang budiman…

Jika kita ingin awet muda dan tidak mudah sakit-sakitan, bukan obat ataupun suplemen solusi utamanya, namun semua ini bersumber dari dalam diri kita sendiri. 

Untuk mewujudkan hidup yang sehat dan bahagia, kita harus mengedepankan sikap positif, membuang semua dendam dan amarah, melenyapkan kebencian dan yang terutama selalu mengembangkan senyum alami penuh ketulusan kepada orang lain. 

Hindari memaki dan menghujat orang lain hingga urat leher terlihat membengkak dan wajah memerah. Akan banyak saraf yang rusak karenanya.

Berilah maaf kepada mereka yang sudah menyakiti hati dengan tulus dan ikhlas sebab semua ini hanyalah masalah “rasa”, yang pasti mampu kita kendalikan jika kita bersungguh-sungguh berkomitmen melakukannya.

Memaafkan jauh lebih baik daripada dimaafkan, karena kita sudah mampu mewujudkan salah satu sifat Tuhan yang paling mulia saat memaafkan umat manusia yang berdosa.

Memaafkan memang tidak dapat mengubah masa lalu, namun pastinya akan memudahkan kita dalam menghadapi masa depan.

Jangan hitung seberapa sering kita memaafkan orang lain, karena Tuhan tidak pernah menghitung seberapa sering Dia memaafkan kesalahan kita.

#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan  Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s