“DENGAN CINTA”

<Kamis, 03 November 2016 OOR 06:56>

Ada seorang ibu, rela menempuh jarak berkilo-kilo meter hanya untuk berjualan kue. Beliau menenteng kue-kue di atas kepala sambil berteriak : “Kue… kue… kue….”

Seorang pelanggan bertanya kepadanya : “Saya merasa kasihan kepada ibu karena harus membawa beban berat dengan berjalan kaki mengelilingi kampung…”

Ibu penjual kue itu tersenyum lalu berkata : “Nggak kok bu… Saya merasa pekerjaan ini tidak berat…”

Pelanggan : “Saya salut dengan pengorbanan ibu… Jujur saja, kalau saya sendiri, tidak bakal sanggup melakukannya…”

Ibu penjual kue : “Saya melakukannya dengan penuh keikhlasan. Di rumah, kedua anak saya menunggu kepulanganku dan berharap saya membawa beras dan lauk untuk disantap. Saya melakukan semua ini dengan cinta, sehingga seberat apapun pekerjaan ini menurut ibu, justru buat saya tidaklah berat…”

Pelanggan itu terkesiap mendengar jawaban polos dari ibu penjual kue.

Sementara itu di tempat lain, seorang anak lelaki kurus berjalan sambil menggendong adiknya yang lumpuh di balik punggungnya. Tangan kanannya memegang karung berisi botol-botol plastik bekas.

Melihat pemandangan mengharukan ini, seorang ibu berkomentar dengan penuh rasa iba : “Kasihan sekali dirimu… Bebanmu pasti teramat berat…”
Anak itu menggelengkan kepalanya, lalu secara lugas menjawab sambil tersenyum, “Dia bukan beban buat saya pak, dia adalah saudaraku, adikku yang paling kusayang…”

Ibu itu melanjutkan : “Mengapa kamu tidak meninggalkan adikmu di rumah atau di panti asuhan…?”

Anak itu menjawab : “Kalau bukan saya yang membawanya berjalan-jalan, siapa lagi yang akan membawanya? Ibuku sedang berjualan kue dan ayahku sudah tiada. Saya tidak merasa berat saat menggendong adikku karena saya melakukan semua ini dengan cinta…”

Sobatku yang budiman…

Saat melihat orang lain sedang membawa beban yang berat di tubuhnya, kita sering merasa kasihan dan ingin menolong mereka. Namun, tidak semua yang kita pikirkan itu benar adanya bahwa mereka sedang kesulitan dan merasa terbebani.

Suatu perbuatan yang kadang dipandang sebagai beban oleh kita, ternyata tidak dianggap sebagai masalah berarti bagi mereka. Jika kita melakukan pekerjaaan seberat apapun atas dasar cinta, maka beban yang terasa berat, pasti akan menjadi seringan kapas.

Kekuatan terbesar dalam hidup ini bukanlah fisik yang kekar berotot dan bukan pula kekuatan untuk mengangkat sesuatu yang berat. Namun, kekuatan terbesar itu adalah rasa cinta.
Banyak hal yang tampak menjengkelkan, melelahkan dan dihindari oleh orang lain ternyata dapat dilakukan dengan mudah karena kita melakukannya dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, atas dasar cinta.

Cinta akan membuat cara pandang seseorang pada suatu peristiwa atau pekerjaan menjadi berbeda. Orang lain menganggap sulit dan tidak mungkin, namun bagi yang melakukan dengan cinta, pasti akan terasa gampang.
Merawat orang tua dan anggota keluarga yang sedang sakit, mengasuh dan membesarkan anak, mengerjakan pekerjaan kantor yang menumpuk, mengurus rumah agar tidak terlihat seperti kapal pecah, mendengarkan celotehan anak, mendampingi anak belajar walaupun badan terasa amat lelah setelah bekerja seharian, dan sebagainya…

Semua pekerjaan ini, pastilah akan dianggap sebagai beban berat yang harus dipikul, jika dilakukan dengan keterpaksaan, hati dongkol dan ungkapan penolakan. Namun, semua pekerjaan ini akan terasa berbeda, ringan dan menyenangkan jika dilakukan dengan penuh cinta.
Jika kita dapat menikmati semua pekerjaan dengan penuh semangat dan atas dasar cinta, maka hidup kita akan dipenuhi dengan keriangan, kegairahan dan sukacita.

Simpel bukan…?
#firmanbossini #inspirasi #motivasi #renungan  Obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in KISAH INSPIRATIF, RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s