“KEKUATAN SENYUMAN”

<Senin, 04 Juli 2016 OOR 23:25>

Menjelang liburan panjang, kami sekeluarga bersama sanak famili dan teman-teman berencana untuk mengadakan wisata ke luar kota. 

Mengingat “mobil operasional” yang digunakan sehari-hari, sudah lama tidak dirawat dan di-service, sehingga rencananya hari ini akan dibawa ke Bengkel Toyota.

Sesampainya di Bengkel Resmi Toyota, PT Perintis Perkasa di Jalan Adam Malik, Medan, kehadiranku disambut dengan sebuah senyuman oleh petugas Satpam. Dengan ramah, petugas berseragam putih, yang cukup ganteng itu berkata : “Selamat siang, Pak… Ada yang bisa dibantu?”

Saya menjawab : “Siang, Pak… Saya ingin mengecek kondisi mobil. Sekalian untuk service mesin…”

Beberapa meter di depan, seorang pegawai yang berpakaian rapi, dengan amat santun sambil menebarkan senyuman, menyapaku : “Mau service yah, Pak.. Sebelumnya ada booking?”

Saya : “Belum ada order booking…”

Pemuda necis tersebut menjawab, sekali lagi dengan senyuman manisnya : “Mohon maaf, Pak… Saat ini sedang full… Jika belum booking, sekali lagi maaf, kami tidak dapat menerima orderan lagi. Bapak bisa datang hari Sabtu atau Minggu…”

Saya menjawab : “Oh, begitu yah…. Kalau saya hendak order booking untuk besok, bisa..?”

Pegawai : “Besok juga sudah full… Tapi silakan Bapak ke kantor saja, mana tahu ada pelanggan yang cancel…”

Sejenak, saya merasa sedikit kesal, apalagi sebelumnya sempat “diteriakin” oleh seorang bocah ingusan yang sedang dibonceng kedua orang tuanya karena merasa mobil saya menghalangi jalan mereka. 

Namun karena intonasi kalimat yang disampaikan begitu bersahabat plus ditambah dengan senyuman, akhirnya saya luluh dan mengikuti arahannya untuk masuk ke dalam kantor.

Saat memarkirkan mobil di pelataran parkir, kembali saya mendapat senyuman dari satpam yang lain. Saya sedikit heran dengan begitu banyak senyuman yang didapat hari ini di tempat ini, namun tidak urung saya membalas senyuman dengan senyuman juga.

Perlakuan ramah yang penuh kekeluargaan, juga saya dapatkan di dalam kantor yang sejuk. Seorang Booking Service, berparas ayu, menyambut kedatanganku dengan berdiri dan menebar senyuman sembari mempersilahkan saya untuk duduk. 

Lantas, Dina Wahyuni, nama yang tertera di atas meja, menjelaskan dengan gamblang dan santun mengenai kondisi bengkel yang penuh full booking, menjelang Lebaran, menawarkan diriku untuk kembali lagi saat bengkel sudah beroperasi kembali. 

Saya mendengar dan menerima penjelasannya, lalu meminta kartu nama bengkel, agar kelak dapat membuat bookingan sebelum mobil diservice.

Saat dalam perjalanan pulang, di dalam mobil, saya merasa apa yang ditampilkan oleh para pegawai Bengkel Toyota merupakan “first impression” (kesan pertama) yang amat baik. Saya sama sekali tidak mengenal mereka, demikian juga sebaliknya. Semuanya selalu tersenyum.

Dalam persaingan bisnis yang begitu ketat, sudah seharusnya perusahaan mulai memikirkan bagaimana menggaet dan mengambil hati pelanggan. Menjadikan pelanggan layaknya keluarga sendiri. Menciptakan suasana yang nyaman dan membuat betah untuk berlama-lama mencurahkan keluhan pelanggan.

Sungguh di luar dugaanku, bahwa dalam satu hari ini mendapat begitu banyak senyuman yang ramah, senyuman yang membuatku tidak akan berpaling ke lain hati atau berpaling ke bengkel lain.

Sebuah kekuatan senyuman yang dapat melunakkan hati manusia walaupun hatinya terbuat dari batu karang yang keras.

Tersenyumlah kepada siapapun yang membutuhkan, sebab dengan menebar senyuman barangkali kita akan mendapat sesuatu yang jauh di luar perkiraan kita.

Biasakanlah untuk tersenyum, sebab senyuman itu murah harganya dan gampang melakukannya namun memiliki dampak yang mungkin lebih bernilai dari sebuah batu permata.

#firmanbossini obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

This entry was posted in Kisah Inspiratif, Pengalaman Pribadi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

