“JANGAN MIKIR TERUS”

<Sabtu, 04 Juni 2016 COR 11:53>

Manusia hidup pasti akan melalui beragam lika-liku perjalanan yang amat melelahkan. Setiap hari kita terus berpikir bagaimana untuk melangkah, berjalan dan berlari menuju tujuan, yang kadang kala, kita sendiri tidak tahu dimana semua ini akan bermuara.

Hidup manusia selalu dipenuhi dengan aneka pikiran, memikirkan masa lalu yang kelam, masa depan yang belum pasti dan masa sekarang yang “begini-begini saja”. Kita terus menerus berpikir dan ini tentunya amat melelahkan. 

Banyak orang tidak menyadari bahwa sebenarnya kelelahan pikiran itu jauh lebih berbahaya daripada kelelahan fisik. Jika fisik merasa lelah, akan dapat dipulihkan dengan istirahat dan tidur. Namun, jika kita terus memforsir pikiran hingga melewati ambang kemampuannya, tidak tertutup kemungkinan kita akan menjadi salah satu penghuni rumah sakit jiwa. Paling minimal, kita akan menjadi orang yang stress, tidak produktif dan menjadi “benalu” bagi orang lain.

Inikah yang dimaui oleh kita?

Semua orang pasti akan berkata tidak. Makanya, jangan mikir terus, segera istirahatkan pikiran kita agar tidak menjadi lelah dan “over limit”. Mesin pun perlu istirahat, apalagi pikiran manusia.

Mikir terus itu sungguh amat melelahkan jiwa dan raga. Kita sering larut terlalu jauh dalam memikirkan kejadian masa lalu yang kelam dan menyakitkan. Padahal itu tidak perlu sampai berlebihan. Aktivitas ini justru hanya akan menambah beban pikiran.

Mikir terus itu sungguh amat meletihkan pikiran dan tubuh. Kita sering hanyut terlalu jauh dalam memikirkan kehidupan yang dijalani sekarang ini. Padahal itu tidak perlu berlebihan hingga mata pun susah terpejam untuk tidur. Jalani saja kehidupan ini bagaikan air mengalir, namun bukan memasrahkan diri mengikuti arah aliran air, sesekali kita harus menghindar ketika bertemu batu penghalang.

Mikir terus itu sungguh amat mencapekkan otak dan urat nadi. Kita sering mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi di masa mendatang. Padahal itu tidak perlu dilakukan, sebab apa yang terjadi kelak, semua bersumber dari apa yang kita lakukan saat ini. Merencanakan impian itu boleh, namun mengkhawatirkan masa depan itu yang dilarang.

Sobatku yang budiman…

Jangan mikir terus, mikir terus itu melelahkan. Kita butuh istirahat dari kegiatan memikir. Jika pikiran menjadi lelah, maka hasil pemikiran juga pasti menjadi kurang optimal. Mesin yang terbuat dari baja dan besi yang kokoh saja perlu diistirahatkan, konon lagi otak manusia yang hanya terbuat dari darah dan daging.

Jika pikiran lelah, maka otomatis tubuh juga akan menjadi lelah. Jika pikiran sakit, maka otomatis badan juga akan menjadi sakit.

Di saat kita mulai merasakan kelelahan pikiran, kita harus segera “menidurkan” pikiran kita. Setidaknya “cooling down” untuk menurunkan temperatur di kepala. Kita membutuhkan refreshing.

Jangan menganggap remeh dengan pikiran yang lelah. Jangan pelit untuk memanjakan pikiran. Jangan pula merasa mengistirahatkan pikiran itu mahal harganya, harus berlibur ke daerah wisata atau ke tempat indah yang eksklusif.

Cara paling mudah untuk mengistirahatkan pikiran adalah dengan tidur. Jika tidak mampu tidur karena terus diganggu oleh aneka pikiran, maka cukup istirahatkan pikiran kita dengan berjalan-jalan melihat kebun, tumbuhan berdaun hijau, bunga warna warni, buah-buahan, binatang-binatang dan mendengar gemericik air yang mengalir. 

Pulanglah kembali ke rumah dan rasakan bedanya. Pikiran akan kembali segar, tubuh merasa enteng dan dampaknya kita akan dapat bekerja secara optimal.

#firmanbossini obrolanbeken.wordpress.com m.facebook.com/firman.bekenmedia

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s