“JANGAN MENYALAHGUNAKAN”

<Minggu, 01 Mei 2016 COR 10:27>

Jangan menyalahgunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki hanya untuk membenarkan perbuatan jahat dan memihak kepada pendapat yang menyimpang, namun manfaatkanlah ilmu pengetahuan itu untuk memberi pengetahuan dan kebijakan buat sesama.

Jangan menyalahgunakan kekuasaan hanya untuk bertindak sewenang-wenang demi kepentingan pribadi dan golongan, namun manfaatkanlah kekuasaan itu untuk menciptakan rasa adil yang amanah buat rakyat.

Jangan menyalahgunakan harta kekayaan berlimpah hanya untuk memamerkan perilaku pemborosan dan gaya hidup berlebihan, namun manfaatkanlah harta kekayaan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan hidup yang wajar dan berbagi sedekah buat mereka yang serba kekurangan.

Jangan menyalahgunakan kepintaran hanya untuk melakukan pembenaran atas perilaku buruk secara sepihak, namun manfaatkanlah kecerdasan itu untuk membentuk manusia yang berakal budi baik dan bijaksana.

Jangan menyalahgunakan hubungan pertemanan hanya untuk menebar api kebencian dan permusuhan yang berujung kepada perpecahan, namun manfaatkanlah hubungan pertemanan itu untuk saling membantu dan mengangkat derajat kemanusiaan di antara sesama teman.

Jangan menyalahgunakan waktu dan kesempatan yang ada dengan kegiatan yang percuma dan membuang-buang waktu, namun manfaatkanlah waktu dan kesempatan itu untuk menularkan virus kebahagiaan kepada sesama.

Jangan menyalahgunakan kepercayaan dengan kelalaian dan pengkhianatan, namun manfaatkanlah kepercayaan itu dengan penuh disiplin, komitmen dan tanggungjawab.

Jangan menyalahgunakan media online fesbuk hanya untuk menghasut atau menghujat pribadi dan kelompok masyarakat yang lain, namun manfaatkanlah fesbuk untuk saling berbagi informasi, pencerahan dan inspirasi yang bermanfaat untuk para fesbuker.

Jangan menyalahgunakan agama hanya untuk kepentingan duniawi dengan tujuan menimbulkan perpecahan dan permusuhan, namun manfaatkanlah agama itu untuk menilai perilaku diri kita sendiri dan bukan untuk menilai atau menghakimi perilaku orang lain.

#firmanbossini

m.facebook.com/firman.bekenmedia

  

Advertisements
This entry was posted in Renungan Harian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s