“JANGAN TAKUT”

<Kamis, 28 April 2016 COR 07:45>

Banyak diantara kita yang enggan untuk membuka mata di pagi hari. Lebih suka berleha-leha untuk tidur kembali sambil menikmati bantal guling yang empuk. 

Sebab baginya, kehidupan ini adalah hidup yang menjemukan, mengecewakan, hidup yang bukan seindah bunga mimpi semalam serta hidup yang penuh teka-teki dan sulit untuk dimengerti.

Kesulitan hidup dan berbagai masalah yang ada di sekeliling membuat banyak orang takut untuk mengarungi dalamnya lautan kehidupan. Ada yang takut dengan cibiran orang lain karena kondisinya yang serba kekurangan, ada yang takut dengan persaingan bisnis, padahal belum memulai usaha, bak kata pepatah, takut sebelum berperang. Dan tidak sedikit yang harus mengakhiri hidupnya hanya karena takut dikejar-kejar hutang.

Secara alamiah, rasa takut yang dimiliki manusia sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya atau sesuatu kejadian yang tidak baik.

Namun bila rasa takut yang muncul sudah melebihi taraf kewajaran, maka yang timbul adalah penyakit jiwa. Rasa takut berlebih seringkali disebut dengan “phobia”. Misalnya : ambulophobia (takut berjalan sendiri), omniphobia (takut tidur), achluophobia (takut gelap), acrophobia (takut ketinggian) dan sebagainya.

Berbagai macam ketakutan terjadi karena tidak percaya dengan kemampuan dirinya, merasa dirinya lemah dan tidak berdaya. Mereka tidak memiliki kemampuan melihat dan memahami persoalan dari sudut pandang yang benar. 

Sobatku yang budiman…

Jangan menghabiskan waktumu hanya untuk menangis, yang membuatmu semakin menderita. 

Seperih apapun rasa sakit, seberat apapun penderitaan dan serumit apapun permasalahan hidup, jangan pernah takut apalagi sampai harus menyerah. 

Kita harus tetap berjuang sebab dalam kerasnya kehidupan seperti inilah, sebenarnya kita sedang diuji sebelum “naik pangkat” menjadi seorang manusia tangguh, tahan banting, pemberani dan berjiwa kesatria.

Yakinlah itu sobatku…

#firmanbossini

m.facebook.com/firman.bekenmedia

Inspirasibossini.wordpress.com

  

Advertisements
This entry was posted in RENUNGAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s